Diposting Pada: Jumat, 04 Maret 2022
Keluarga Besar MTs N 5 Kerinci Rutin Yasinan dan Berinfak Setiap Jumat Pagi, Ternyata Ini Keutamaannya


Keluarga Besar MTs N 5 Kerinci Rutin Yasinan dan Berinfak Setiap Jumat Pagi, Ternyata Ini Keutamaannya
MTs N 5 Kerinci – Bertempat di lapangan MTs N 5 Kerinci, Keluarga besar MTs N 5 Kerinci (siswa, guru, dan staf TU) melaksanakan yasinan rutin setiap Jumat pagi (04/03). Seperti biasa, ketika matahari masih malu-malu memunculkan cahayanya, Pembina Keagamaan dan Waka Humas mengontrol siswa yang piket untuk menggelar tikar ke halaman. Lalu, yasinan pun dimulai tepat pukul 07.15 WIB dan dipimpin oleh siswa-siswi MTs N 5 Kerinci secara bergiliran per kelas masing-masing.

Setelah pembacaan yasin selesai, dilanjutkan pembacaan doa bersama. Biasanya, ada penampilan-penampilan khusus persembahan dari masing-masing kelas, seperti tausiyah, nasyid, dll. Usai penampilan-penampilan, siswa-siswi maupun guru beserta staf diberi arahan oleh kepala madrasah atau wakil kepala madrasah.

Tak lupa pula, siswa-siswi, beserta guru maupun staf memberikan infak (sedekah) seikhlasnya. Kegiatan rutin ini melatih siswa untuk berbagi, yakni menyisihkan sebagian hartanya dengan mengharapkan rida Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah. Untuk menghindari kebosanan, Yasinan bersama setiap Jumat terkadang pindah ke musala atau ke gedung serbaguna MTs N 5 Kerinci.

Hardial, M.Pd.I, selaku Kepala MTs N 5 Kerinci mengatakan bahwa kegiatan rutin yasinan dan infaq ini tak lain untuk membangun karakter siswa yang berakhlak mulia serta diharapkan agar siswa-siswi lebih lancar membaca Al-Qur’an. Efek positif lainnya, kegiatan ini membentengi peserta didik dari perbuatan kenakalan remaja yang menimbulkan dosa.

Setelah kegiatan yasinan usai, siswa-siswi MTs N 5 Kerinci akan memasuki ruangan kelas dan siap menerima pelajaran. Lalu, Waka Humas menghitung jumlah infak dan mengumumkannya melalui pengeras suara.

Hasil infak ini kemudian akan digunakan sebagai modal transportasi kebanggaan kita bersama, odong-odong MTs N 5 Kerinci, yang akan mengantar jemput siswa-siswi MTs N 5 Kerinci secara gratis. Jadi, infak setiap jumat pagi memang tak lain dan tak bukan: dari keluarga besar MTs N 5 Kerinci untuk kesejahteraan siswa-siswi MTs N 5 Kerinci.

Ada tujuh keutamaan membaca Yasin setiap hari Jumat, yakni 1) diampuni dosa-dosanya, 2) mempermudah segala urusan, 3) mendapatkan ketenangan hati, 4) terhindar dari siksa kubur, 5) mempermudah sakaratul maut, 6) meningkatkan keimanan, dan 7) memperoleh pahala yang berlimpah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa membaca Surat Yasin, maka Allah SWT mencatat pahala membacanya seperti sepuluh kali membaca Al-Qur’an.” (HR. At-Tirmidzi)

Sementara itu, umat Islam megistimewakan hari Jumat, seperti dalam HR Muslim, bahwa hari Jumat adalah hari baik.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini, Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam syurga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim)

Karena hari baik, salah satu hal yang dianjurkan pada hari Jumat, yakni berinfak (bersedekah). Keutamaan sedekah di hari Jumat, yakni setiap hari Jumat para malaikat melaporkan segala amal perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jumat, dapat menghapus dan meringankan dosa yang telah diperbuat.

Sabda Nabi Muhammad SAW dalam HR At-Tirmidzi, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (RFH)

 


309x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MGMP MTK Madrasah se-Kabupaten Kerinci, Ini yang Harus Dilakukan Guru MTK agar Siswa Tak Bosan 432x dibaca
  2. Dua Guru MTs N 5 Kerinci Ikuti Rapat Pembentukan Pengurus MGMP Bahasa Indonesia, Begini Hasil Rapatnya 296x dibaca
  3. Keluarga Besar MTs N 5 Kerinci Rutin Yasinan dan Berinfak Setiap Jumat Pagi, Ternyata Ini Keutamaannya 310x dibaca
  4. Peringatan Isra Mikraj 1443 H di MTs N 5 Kerinci, Ini Pesan Penting Kepala Kantor Kemenag Kerinci 333x dibaca
  5. Studi Tiru dan Karyawisata ke Sumatera Barat, Berikut Jalur Perjalanan yang dilalui Siswa/Guru MTs N 5 Kerinci 794x dibaca

Halaman ini diakses pada 26-06-2022 08:27:41 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 44.192.114.32
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved