Diposting Pada: Rabu, 18 Mei 2022
Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Lebih Baik Bersekolah di Madrasah. Poin ke-3 Ngenaa Banget!


Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Lebih Baik Bersekolah di Madrasah. Poin ke-3 Ngenaa Banget!MTs N 5 Kerinci – Hai Sobat MTs N 5 Kerinci, tahukah kamu alasan mengapa kita lebih baik bersekolah di madrasah? Barangkali salah satunya sebagai keseimbangan antara ilmu umum dan ilmu agama karena madrasah memadukan dua kurikulum: Kemdikbud dan Kementerian Agama?

Eits, sebelum kita bahas lebih lanjut, ternyata memang madrasah-madrasah masa kini sudah meningkatkan kualitas yang tak jauh kalah dibanding sekolah umum, baik dari segi sarana/prasarana, prestasi siswa, sumber daya guru, maupun mutu pendidikan. Tentunya ini sejalan dengan slogan “Madrasah Lebih Baik, Lebik Baik Madrasah”.

Nah, Sobat Mts N 5 Kerinci, dilansir dari dari http://madrasah.kemenag.go.id/, ternyata ini loh 7 alasan menurut Kementerian Agama mengapa kita harus memilih bersekolah di madrasah. Yuk, kepoin !!

1. Sejarah telah mencatat bahwa madrasah telah melahirkan pemimpin di bidang pendidikan dan agama (scholar), negarawan dan bahkan pahlawan. Sebut saja misalnya Wahid Hasyim, Hamka, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Nurcholis Madjid (Cak Nur), K.H. M.A., Sahal Mahfudz, AR. Fakhruddin, dan Mahfud MD.

2. Madrasah tumbuh dan berkembang dari, oleh, dan untuk rakyat (masyarakat) berbeda dengan sistem pendidikan sekolah biasa atau community-based education. Dalam sejarahnya, madrasah memiliki akar yang kuat untuk perjuangan bangsa dan memberantas kebodohan.

3. Madrasah telah memadukan dua kurikulum: kurikulum dari Kemdikbud dan Kurikulum dari Kementerian Agama. Atau dengan kata lain, madrasah juga memberikan materi pelajaran umum, sebagaimana sekolah-sekolah biasa dan juga memberikan materi-materi pelajaran agama yang lebih kuat dibandingkan sekolah-sekolah biasa. Madrasah tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga menanamkan akhlak yang mulia.

4. Madrasah tidak lagi dianggap sebagai pelengkap sistem pendidikan nasional, melainkan madrasah semakin menorehkan prestasi tidak hanya di bidang tafaqquh fi al din. Akan tetapi, juga dibidang-bidang lainnya, seperti riset ilmiah, vokasional, kewirausahaan, lingkungan (adiwiyata), dan sebagainya.

5. Madrasah tidak hanya mencetak kader intelektual yang profesional dan pintar saja, melainkan juga kader muslim yang berintegritas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Profesionalitas tanpa integritas akan membawa kerugian dan kehancuran. Sebaliknya integritas tanpa profesionalitas, akan menyebabkan kita jalan di tempat di tengah dunia yang kompetitif.

6. Pendidikan madrasah menyentuh empat dimensi pendidikan, yakni dimensi pikir (kognisi), dimensi hati (spiritual), dimensi rasa (estetika), dan dimensi raga (fisik).

7. Mencetak anak yang memiliki pandangan keagamaan yang rahmatan lil ‘alamin dan menghargai kearifan lokal.

Nah, Sobat MTs N 5 Kerinci, jangan ragu lagi untuk mendaftar di madrasah mana pun yang menjadi tujuan Anda. Insyaallah berkah di dunia dan akhirat.

Bagi masyarakat Kerinci yang berdiam di seputaran Kecamatan Sitinjau Laut, ayo bergabung bersama Mincan (Admin Cantik) di MTs N 5 Kerinci. (RFH)


 


365x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MGMP MTK Madrasah se-Kabupaten Kerinci, Ini yang Harus Dilakukan Guru MTK agar Siswa Tak Bosan 433x dibaca
  2. Ujian Semester Ganjil MTs N 5 Kerinci Berakhir Hari Ini 291x dibaca
  3. Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Lebih Baik Bersekolah di Madrasah. Poin ke-3 Ngenaa Banget! 366x dibaca
  4. Walimatus Safar Haji Guru MTs N 5 Kerinci, Momen Langka : Tamunya Bukan Kaleng-Kaleng!! 679x dibaca
  5. Studi Tiru dan Karyawisata ke Sumatera Barat, Berikut Jalur Perjalanan yang dilalui Siswa/Guru MTs N 5 Kerinci 795x dibaca

Halaman ini diakses pada 26-06-2022 10:05:24 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 44.192.114.32
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved