Diposting Pada: Kamis, 24 Maret 2022
Perdana, MTs N 5 Kerinci Menyelenggarakan Ujian Madrasah Berbasis Android


Perdana, MTs N 5 Kerinci Menyelenggarakan Ujian Madrasah Berbasis AndroidMTs N 5 Kerinci – Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MTs N 5 Kerinci tahun ini begitu berbeda dari biasanya. Bila sebelumnya siswa kelas IX mengikuti ujian menggunakan komputer, tahun pelajaran 2021/2022 kali ini ujiannya sudah berbasis Android.

Ujian Madrasah ini merupakan bentuk penilaian akhir bagi siswa selama menempuh pendidikan di madrasah. Pelaksanaannya dimulai dari 21 s.d. 26 Maret 2022 dan semua pesertanya adalah siswa kelas IX.

“Ujian Madrasah berbasis android ini menggunakan teknologi google form karena mengikuti perkembangan zaman. Madrasah menyelenggarakan ujian berbasis android karena mayoritas siswa-siswi MTs N 5 Kerinci memiliki Android. Bila UM tahun lalu siswa dibagi dalam beberapa sesi karena keterbatasan komputer/laptop, ujian berbasis android kali ini bisa dilaksanakan serentak di kelas yang telah ditentukan. Jadi, lebih hemat waktu,” ucap Hardial, M.Pd.I, selaku Kepala MTs N 5 Kerinci.

Pantauan di lapangan pada ujian hari ke-4, yakni Kamis (24/03), siswa tampak khusuk mengerjakan ujian. Per mata pelajarannya ada 25 soal dengan lama waktu pengerjaan selama 60 menit. Dalam seharinya, siswa menjalankan ujian 2 mata pelajaran.

Sebelum ujian berlangsung, operator telah mengirimkan link ujian ke grup WA kelas IX A s.d. kelas IX D. Saat ujian hendak dimulai, pengawas memberikan kode token kepada siswa. Kode token ini digunakan untuk log in menuju soal ujian.

Harpuddin, S.Pd.I selaku Ketua panitia UM mengatakan bahwa sejauh ini ujian berlangsung lancar dan terkendali. Hanya saja, ada beberapa kendala yang dialami siswa saat ujian, yaitu kurangnya jaringan internet di MTs N 5 Kerinci, juga masih ada siswa yang HP androidnya kurang support sehingga sebagian guru meminjamkan HP-nya untuk siswa.

Izati Asikin – siswa kelas IX C – mengaku lebih senang ujian menggunakan HP android. Selain lebih mudah dan praktis dalam pengerjaan, bila ujian selesai bisa membuka medsos dan main gim. Bisa juga multitasking sambil chatting.

Sementara itu, ada tiga operator yang berperan penting dalam pelaksanaan UM ini. Tugas operator tersebut, antara lain mengakses soal, memberikan kode token kepada pengawas, dan memantau hasil ujian. Andri – salah satu operator ujian – mengatakan ada beberapa siswa yang mendapat nilai 100, yakni pada hari pertama dan hari keempat UM berlangsung.

“Ada kemungkinan ujian kenaikan kelas untuk kelas VII dan kelas VIII akan menggunakan android juga, karena lebih simpel dan mudah, hewat waktu, dan juga hemat biaya,” tutur Harpuddin, S.Pd.I, yang juga menjabat sebagai Waka Kurikulum di MTs N 5 Kerinci. (RFH)


 


641x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MGMP MTK Madrasah se-Kabupaten Kerinci, Ini yang Harus Dilakukan Guru MTK agar Siswa Tak Bosan 523x dibaca
  2. Walimatus Safar Haji Guru MTs N 5 Kerinci, Momen Langka : Tamunya Bukan Kaleng-Kaleng!! 896x dibaca
  3. Peringatan Isra Mikraj 1443 H di MTs N 5 Kerinci, Ini Pesan Penting Kepala Kantor Kemenag Kerinci 417x dibaca
  4. MTs N 5 Kerinci Tuan Rumah Orientasi Guru PPPK Angkatan VII, Begini Acaranya! 1475x dibaca
  5. Keluarga Besar MTs N 5 Kerinci Rutin Yasinan dan Berinfak Setiap Jumat Pagi, Ternyata Ini Keutamaannya 379x dibaca

Halaman ini diakses pada 03-05-2024 10:57:20 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 172.70.178.157
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved